Follow Us @soratemplates

Saturday 30 April 2011

Jam Posting Bloger Wanita


Cukup terusik dengan judul di atas? Yup, jam posting untuk bloger wanita. Waduh, apa pula ini? Apa sekarang bloger punya undang-undang atau kode etik yang mengkhususkan wanita untuk posting di jam-jam tertentu? Hm..., tidak. Tentu saja tak ada aturan seperti itu. Saya hanya tertarik dengan sesuatu yang bagi saya agak mengusik ini.

Jika Anda mengunjungi suatu blog dan kemudian membaca postingannya, apa yang Anda perhatikan? Semata-mata hanya isi postingannya kah? Atau sampai ke komentar-komentarnya kah? Atau bisa jadi sampai ke hal-hal yang mungkin tidak terlalu penting untuk kita ketahui. Misalnya saja, hari dan jam postingan itu dibuat. Ada yang memperhatikan sampai sedetail itu?

Hm..baiklah, tidak perlu prolog panjang lebar. Ceritanya, suatu waktu saya menemukan sebuah blog yang cukup menarik. Kebetulan saya membaca komentar-komentar di bawah postingan itu. Pemilik blog adalah seorang wanita dan salah satu komentar itu datang dari seorang pria. Apa yang dikomentari? Kurang lebih di situ sang pria berkomentar "Mengapa posting dini hari? Bukankah lebih baik seorang wanita menjaga izzah (kehormatan)-nya dengan tidak memosting dini hari? Bukankah lebih baik jika saat-saat seperti ini digunakan untuk bermunajat pada Allah SWT dan bukannya berselancar di dunia maya?"

Sink..., sejujurnya saya terpana dengan komentar tersebut. Pertama, kenapa sang pria sebegitu detailnya memperhatikan jam posting segala. Dan tentunya yang kedua, isi dari komentarnya yang terasa begitu menohok.

Sebenarnya kalau dipikir-pikir, masalah jam posting ini bisa diakali. Tinggal pilih saja opsi entri dan ubah tanggal atau jamnya. Tentu pembaca tidak akan tahu kalau posting itu sebenarnya tidak dilakukan pada tanggal dan jam tersebut. Namun, isi komentar itu agaknya perlu kita renungkan.

Berselancar di dunia maya dini hari, memangnya salah? Oke, statement itu tidak sepenuhnya diterima dalam satu tahap pemikiran saja. Sekarang, bandingkan saja begini. Apa yang Anda pikirkan jika ada seorang wanita, tengah malam keluar dari rumahnya, pergi berjalan-jalan seorang diri dan menampakkan batang hidunya? Mungkin ada yang berpikir, oh si mbaknya baru aja pulang dari luar kota yang jam kedatangan pesawat/kereta/bus-nya memang tengah malam. Tapi, bisa jadi yang muncul adalah pikiran yang buruk, "Ngapain nih si mbak keluar malam-malam. Jangan-jangan..."

Nah, sekarang kita kembalikan lagi ke masalah dunia maya. Bukankah berselancar di dunia maya dengan mengunjungi web demi web atau membuka situs jejaring social bisa diidentikkan dengan jalan-jalan keluar rumah? Istilahnya saja blogwalking. Berarti memang 'jalan-jalan' kan. Lalu, bukankah membuat postingan atau update status di tengah malam juga bisa diidentikkan dengan menampakkan batang hidungnya ke masyarakat luas di tengah malam? Toh, orang lain sama-sama tahu kalau dia masih terjaga dan sedang 'aktif' di tengah malam. Kalau dipikir-pikir, bukankah analoginya sama?

So, kiranya pantas jika sang pria mengomentari jam posting wanita tersebut. Jadi, akankah ada stigma buruk bagi blogger wanita yang membuat postingan tengah malam? Entahlah...




PS: Nekat ditulis di tengah malam saat terpaksa terjaga demi mengahajar tugas karena sudah teramat rindu menulis blog.


4 comments:

  1. emm,acha termasuk yang sering ngenet malam2 mbak hehe.
    nice posting..cuma sebenarnya kondisi ngeposting di tengah malam bukan berarti nggak menjaga diri sih, bisa aja kan sambil ngerjain tugas apa gimana gitu.
    jalan2 nya itu maksudnya dalam dunia maya ya mbak??
    hehe, soalnya kalo emang beneran malam2 ke warnet cuma mau posting blog itu juga nggak bener, lain cerita kalo ada internet di rumah.

    jadi ingat, dulu juga pernah ditanya teman putra waktu saya balas twit nya dini hari.
    hehe.

    ReplyDelete
  2. iya, acha. 'jalan-jalan' di dunia maya.

    hm..ga tau ya cha'. tiap orang memandangnya berbeda-beda. aku sendiri juga kalau ngantuk waktu belajar pelariannya dengan blogwalking. walaupun ga meninggalkan jejak di blog orang tersebut sih.

    ReplyDelete
  3. Anonymous03 May, 2011

    nice post ukh :-D
    tapi terkadang kondisinya sedang masih mencari2 bahan kuliah, daripada ngantuk kadang disambi sama ngeblog, apalagi kalau pagi kan koneksinya cepet ukh..hee

    ReplyDelete
  4. hehe, iya erma..
    memanfaatkan koneksi yang cepat ya. =)
    oke-oke, sekedar pelajaran aja kok erma kalo ternyata ada 'pria' yang berpikir begitu tentang jam posting wanita.

    ReplyDelete