Follow Us @soratemplates

Friday 16 July 2010

Biasakan Ritual Pagi Hari

Ada yang punya ritual pagi hari? Sebagian besar menjawab ada. Tapi ketika ditanya, ritual apakah itu, jawabannya mulai bermacam-macam. Ada yang ritual paginya berbau olahraga seperti jogging dan senam pagi, atau berbau bersih-bersih macam menyapu, ngepel, atau yang berbau rohani seperti sholat fajar, membaca dzikir pagi, dan lanjut hingga dhuha. Hm..., boleh juga. Tapi yang saya maksud ritual pagi di sini bukanlah semua di atas, melainkan...psst...BAB alias buang air besar.

Eh, tunggu dulu. Jangan buru-buru protes dengan istilah ritual pagi saya ini. Saya berani berkata begitu karena menurut jam biologis tubuh kita, antara pukul 05.00-07.00 adalah saat yang tepat untuk buang air besar. Termasuk pagi kan itu? Trus kenapa kok bisa jam itu? Soalnya di jam-jam inilah usus besar bekerja dengan sangat maksimal dan tentunya tepat buat kita untuk buang air besar. Yah, meskipun tidak ada salahnya dan tidak masalah juga jika kita mau buang air besar di siang, sore, atau tengah malam sekalipun.

Oke, stop perdebatan kita tentang ritual pagi. Yang lebih penting adalah bagai
mana agar buang air besar itu bisa menjadi sebuah kebiasaan alias bisa rutin setiap harinya. Yup, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali orang di luar sana yang masih susah buang air besar. Buktinya, iklan produk pelancar buang air besar tetap saja laris dan menghiasai televisi kita. Tentu kita tidak mau kan harus mengalami derita tidak bisa buang air besar ini? So, coba lihat tips di bawah ini agar buang air besar kita jadi lancar dan rutin setiap hari.

Segera Buang Air Besar
Lho, gimana sih? Kan ini ceritanya biar bisa lancar buang air besar. Belum benar-benar lancar kok udah disuruh buang air besar. Hm... Tenang...tenang kawan! Maksud saya, kalau sewaktu-waktu Anda merasa ingin buang air besar, segeralah ditunaikan kewajibannya itu. Tak perlu pakai acara gengsi-gengsi segala karena sedang kuliah atau ada acara kumpul-kumpul misalnya. Lebih baik ijin untuk buang air besar daripada berjuang keras untuk menahannya. Kenapa begitu? Karena buang air besar yang sengaja ditahan justru akan menimbulkan konstipasi alias sembelit alias susah buang air besar di kemudian hari. Nah lo, sudah mending kita diberi rasa ingin buang air besar sekarang, daripada justru tidak bisa buang air besar beberapa hari ke depan. Jadi repot kan?


Makan Buah dan Sayur

Ya..ya..ya... Buah dan sayur adalah sumber serat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Memang sih, ada sumber serat yang lain seperti suplemen serat misalnya. Tapi, mendapatkan asupan dari bahan alami dan bukan sekedar suplemen tentu akan lebih baik kan. Nah, kenapa kok serat menjadi hal yang utama untuk masalah buang air besar ini? Soalnya dengan banyak makan serat, maka gerakan usus besar pun akan semakin baik. Tentu saja, buang air besar pun akan menjadi lebih mudah.

Banyak minum air

Hm..., lagi-lagi tentang minum air. Ini kaitannya dengan si serat tadi. Kalau dalam usus besar kita banyak terdapat makanan berserat, akibatnya serat tadi akan banyak menarik air pula. Kalau air yang terserap cukup banyak, feses pun akan menjadi lebih lunak. Dengan feses yang lunak, buang air besar pun akan terasa mudah. So, banyak minum air ya.

Rileks

Hehe..., ini maksudnya bukan saat buang air kita harus rileks lho ya. Yang saya maksud di sini adalah kita mencoba rileks dalam kehidupan kita. Yah, tidak dapat dipungkiri ritme kehidupan terkadang diselingi dengan stress atau kecemasan. Tapi tahukan Anda kalau stress yang kita alami akan mempengaruhi otot-otot dalam tubuh kita. Salah satunya otot organ pencernaan. Nah, kalau otot perncernaan terganggu, tentu fungsi organ pun akan terganggu. Kita jadi tidak bisa buang air besar deh...

Olahraga
Hm.., olahraga lagi olahraga lagi... Hehe, memang harus begitu kawan. Bagaimanapun dengan olahraga akan membuat tubuh kita menjadi bugar. Organ-organ tubuh akan bekerja secara normal. Entah itu tentang pencernaan atau pernafasan seperti posting kemarin, olahraga tetap menjadi cara ampuh untuk menjaga kesehatan kita. So, ayo olahraga...
Yup, sekiranya itu yang bisa kita lakukan agar tubuh kita normal buang air besar setiap hari. Dengan buang air besar rutin, kotoran-kotoran dalam tubuh akan keluar. Tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan terasa nyaman. Insya Allah...


21 comments:

  1. klo olahraganya nyuci begimana dok?
    capek juga lho,, hehe
    *dasar males

    ReplyDelete
  2. bisa juga lho.
    saya pernah baca kalau mencuci, menyapu, mengepel, dan pekerjaan rumah lainnya bisa menjadi alternatif jika tidak sempat olahraga.
    lumayan bisa membakar banyak kalori...

    ReplyDelete
  3. wih, asik...
    iya btull, ga usah repot2 muter lapangan kan..

    thx infonya y!

    ReplyDelete
  4. sama-sama, terima kasih kembali ^^

    ReplyDelete
  5. thank berat buat infonya yaa....

    ReplyDelete
  6. oooooooooooo begitu....mungkin karena udah hasrat BAB tp di tunda2 kali ya, mknya susah BAB ni

    ReplyDelete
  7. bisa jadi begitu mbak...
    wallahu a'am

    ReplyDelete
  8. klo saya BAB sambil ngerokok,,klo gak ngerokok kyk ada yg kurang gtu...kira2 boleh gak yah???

    ReplyDelete
  9. susilo warni26 August, 2011

    saya ibu susilo warni usia 49 thn,,saya emg tidak ada masalah utk BAB di pagi hari sebab jm set 6 sblm mandi buat brkt kerja saya pasti BAB dlu tp yg saya heran,,setiap saya BAB knapa maaf di dlm kotoran saya pasti masi ada bekas makanan yg saya konsumsi semalam,,misal saya kan suka makan sambal + lalapan,,kenapa di kotoran saya masi ada sisa cabe berwarna merah ama biji2 an bekas timun ato daun ketela yg abs saya makan yah??? apakah ada masalah dlm pencernaan saya???? jd maaf sekali lagi warna kotoran saya kuning bercampur dgn warna sisa2 makanan saya

    ReplyDelete
  10. @ adelia
    bukan saat BAB pun, mb adelia pasti tahu risiko merokok dan bisa menyimpulkan boleh atau tidak.
    kalau untuk saat BAB sendiri, memang ada yang mengatakan jika terjadi kebocoran gas dari septik tank dan bereaksi dengan api dan asap rokok akan berbahaya. meskipun ini jarang terjadi, tapi tetap sebaiknya mbak adelia memperhatikan perkara rokok itu sendiri.

    ReplyDelete
  11. @ ibu susilo warni
    tinja dengan sisa makanan seperti biji cabai dan daun-daunan sebenarnya normal. warna tinja yang dipengaruhi oleh makanan juga hal yang normal. namun, saya tidak bisa mengatakan apakah dalam sistem pencernaan ibu ada gangguan atau tidak. perlu ada pemeriksaan untuk ini, untuk melihat berapa kuantitas sisa makanan tersebut. kalau memang jumlahnya banyak sekali, bisa jadi karena ada gangguan di usus. usus kurang bisa mencerna sehingga makanan lewat begitu saja dan nampak jelas di tinja. tapi, jika jumlah dan warnya relatif sedikit, insya Allah masih normal.

    ReplyDelete
  12. susilo warni28 August, 2011

    klo warna tinja sih relatih tetap kuning namun ada banyak sisa2 makanan seperti biji2 an, sayur, atau merah2 cabai yg terkandung di dlm tinja saya.kira2 normal kan ??? ato mgkn karena saya tergolong orang yg banyak makan yah...soalnya posi makan saya memang banyak..

    ReplyDelete
  13. klo masalh pup di pagi hari saya emg gak ada mslh n sudah kewajiban sblm berangkat ke skul. bahkan tiap bangun pagi yg slalu saya cari pasti Wc dlu utk memenuhi panggilan alam nih,,hehehe,,tp sejak kecil saya emg diajarin pup ama mama saya dgn cara duduk karena mama saya warga berkebngsaan spanyol. Namun sampe umur 18 thn ini saya tetap memilih pup jongkok walaupun di wc duduk karena klo duduk justru kotorannya susah mau kluar,,kira2 lebh baek yg mana sih,,pup jongkok ato duduk yah???

    ReplyDelete
  14. Di blog ini bilang ktna jm efektif utk BAB tuh antara 5-7 pgi..tp aq kok lebih sering pup jm 10 pagi pas jm istirahat di sekolah yah..walaupun paginya jm 6 udah pup di rumah tp jm 9 tuh biasa nya hasrat utk pup itu muncul lagi dan ini sering terjadi so tak heran klo aq selalu pup di sekolah...itu disebabkan faktor apa ya????

    ReplyDelete
  15. @ ibu susilo warni
    sepertinya tidak ada kaitan antara banyaknya makan dengan banyaknya sisa makanan dalam tinja. yang ada kaitan anatara banyaknya makan dengan seringnya atau banyaknya tinja, bukan sisa makanannya.
    barangkali kaitan yang paling mendekati terletak pada faktor pencernaan mulutnya. ketika pencernaan mulutnya hanya sebentar, wajar saja jika masih banyak sisa daun atau cabai. mungkin karena ibu cukup banyak makan dan proses mengunyah di mulut kurang lama, jadi terlihat lebih banyak sisa makannanya.

    ReplyDelete
  16. @ Sheila
    banyak literatur yang mengatakan lebih baik BAB dengan jongkok. dari segi BAB-nya sendiri, posisi jongkok terasa lebih mudah karena memang energi yang digunakan untuk kontraksi otot lebih sedikit.
    dari segi klosetnya sendiri, kloset jongkok juga lebih sehat karena mengurangi intake kulit kita seminimal mungkin. kloset cenderung banyak mengandung bakteri. dengan meminimalisasi intake kulit, dapat mengurangi kemungkinan infeksi bakteri pada saluran pencernaan atau saluran kencing.
    seandainya memang harus menggunakan kloset duduk, apalagi di tempat umum, dapat diakali terlebih dahulu dengan membersihkan bagian dudukan kloset dengan menggunakan tisu. setidaknya ini mengurangi air dan jumlah bakteri yanga ada.

    ReplyDelete
  17. @Fera
    jam biologis ini memang pada umumnya. dalam arti bisa setiap individu bisa saja memiliki jam biologis yang berbeda. seperti dalam hal tidur. ada orang yang merasa segar jika bangun dini hari. tapi ada juga yang merasa pusing jika bangun terlalu pagi. ini juga berlaku dalam hal BAB. kurang lebih ini terpaut dengan faktor kebiasaan, dan bisa juga dipengaruhi oleh gen.

    mengenai BAB jam 9 itu sendiri, banyak faktor selain faktor kebiasan di atas. karena sudah sarapan dan melakukan aktivitas, termasuk metabolisme, tak jarang proses defekasi (buang air) pun segera terjadi.

    ReplyDelete
  18. susilo warni05 September, 2011

    oke adek,,makasi atas infonya,,sukses buat kuliahnya yaa,,cpt lulus,,jangan seperti anak saya,,angkatan 1999, 2004, dan 2008 blm ada yg lulus...maen yaa kalau ke banyuwangi,,saya tinggal di sana.

    ReplyDelete
  19. terima kasih ibu susilo warni..
    mohon doa restunya, mudah-mudahan bisa lulus tepat pada waktunya.
    Insya Allah bu. Main-main juga kalau ke Solo..

    ReplyDelete
  20. eh kak,,klo masalah kecantikan kulit ngerti gak?? kakak kan anak kedokteran...sebenarnya aq ad mslh dgn bulu ketiak..udh rutin tiap 2-3 hr aq cukur ato cabut karena aq risih ngeliatnya..lgipula aq kan model kak..masa ada bulu di ketiak sih..maluuu dunk...sebenrnya bgus gak sih kak klo ce mencukur bulu ketiaknya?? trs efek di kesehatan apa yaaaa?

    ReplyDelete