Follow Us @soratemplates

Sunday 24 November 2019

Membersihkan Dapur (Bagian 2)



Bismillahirrahmanirrahim...

Minggu ini melanjutkan kembali berbenah edisi dapur. Di minggu ini fokus pada kulkas, pantry, dan meja makan. Sayangnya minggu ini saya kurang maksimal, beberapa spot belum selesai saya bersihkan. Insya Allah jadi PR saya untuk minggu-minggu depan.

1. Benahi kulkas dan pantry Anda (lokasi penyimpan makanan yang tidak menggunakan kulkas) kemudian cek berapa kebutuhan harian atau konversi kedalam kebutuhan pekanan dan bulanan. Evaluasi apakah sudah sesuai dengan anggaran. Evaluasi juga apakah ada foodwaste di dapur (minimal 3 hari peninjauan) dan tentukan langkah apakah ke depan membuat perencanaan terhadap belanja bahan makanan (food preparation) ataukah tidak. Berikan alasannya.

Poin ini sulit saya kerjakan. Berhubung tinggal dengan mertua, urusan belanja makanan beserta urusan menu makan masih menjadi wewenang mertua. Terkait anggaran pun saya tak ikut ambil bagian. Sebenarnya jika dievaluasi, ada food waste yang bisa dicegah. Namun saya pribadi masih sungkan untuk melakukan tindakan. Sejauh ini kami sebatas membersihkan, dan memang jika ada bahan masakan yang sudah tidak layak maka langsung alih fungsi jadi pakan ayam.

Untuk food prep pun masih sulit dilakukan. Pertama karena belanja sayur dll dilakukan mertua. Otomatis beliau juga yang meletakkan di kulkas dan pantry. Jika dipindah, khawatir menyulitkan beliau saat mencari. Pernah pula mencoba untuk ditata, tapi kembali lagi berantakan dan asal taruh.

Mungkin solusinya adalah saya yang harus meluangkan waktu lebih sering untuk membersihkan dan menata. Sekalipun tidak ala-ala foodprep, setidaknya tetap bersih dan tidak terlalu berantakan. Insya Allah

Di minggu ini saya hanya berhasil merapikan pantry dan meja makan. Untuk kulkas baru separuh bagian. Pun dengan pantry tempat bahan masakan kering belum sempat untuk dibersihkan.


Ini adalah meja makan yang memang langsung bersebelahan dengan pantry makanan. Meja makan diusahakan selalu kosong karena lauk dll dimasukkan ke etalase kaca paling bawah. Di rak atasnya untuk tempat makanan camilan dan minuman-minuman sachet. Untuk minuman dengan ukuran botol tinggi seperti sirup dan madu ditempatkan di paling bawah. Begitu juga susu untuk anak-anak ditaruh di paling bawah agar lebih praktis karena berkali-kali dibutuhkan dalam sehari.

2. Tulis kebiasaan baik terkait berbenah rutin dapur yang akan Anda lakukan (Harian, Mingguan, Bulanan).

Untuk berbenah dapur harian minimal adalah menyapu, mengelap/mengepel, dan merapikan area cuci piring. Terkait membuang sampah dan menyortir sampah organik/anorganik untuk bahan pakan ayam biasanya dilakukan oleh mertua.

Untuk berbenah mingguan insya Allah menyortir bahan masakan dan makanan untuk meminimilasasi food waste. Area yang difokuskan adalah pantry makanan matang, rak bumbu, dan kulkas.

Untuk berbenah bulanan insya Allah melakukan deep cleaning kulkas dengan mencuci dan membersihkan semua bagian-bagian kulkas, serta merapikan pantry bahan makanan mentah/kering sambil mengecek masa kadaluarsa.

No comments:

Post a Comment