Thursday, 17 March 2011

Anatomi Systema Digestivus Propius

dr. Sri Indratni


Sistema digestivus terdiri dari cavum oris, pharynx, tractus digestivus.

Di sini ada yang berfungsi mengunyah, mengolah, menyerap, dan mengeluarkan.

Systema digestive mulai dari cavum oris sampai anus.

Tapi kalo tractus digestivus mulai dari oesophagus sampai anus.

Intestinum tenue terdiri dari duodenum, jejunum, ileum. Apa beda dari ketiganya?

Kalo di duodenum, banyak terdapat kelenjar pencernaan. Soalnya di sini terjadi pencernaan yang hebat.

Kalo di jejunum, ditemukan vili intestinalis. Soalnya di sini terjadi absorbsi makanan yang hebat.

Sedangkan di ileum, ada banyak llimfonodi. Soalnya makanan yang ke sini udah tinggal sisa-sisa.

Trus, masuk ke intestinum crassum. Di sini terjadi absorbsi air.

CAVUM ORIS

Cavum oris dibagi menjadi 2

  • cavum oris propium (yang ada di dalam)
  • vestibulum oris (yang di depan lateral)

Yang perlu diketahui adalah batas-batasnya. Langsung baca slide aja ya…

Antara cavum oris propium dan vestibulum oris akan berhubungan di 2 tempat yaitu

  • spatium interdentale (celah antar gigi – buat giginya yang jarang-jarang. Kalo giginya rapat, ya berarti ga ada)
  • spatium yg ada di belakang gigi (tepatnya belakang molar 3).

PHARYNX

Dibagi jadi 3

  • Nasopharynx / epiphaynx : berhubungan dengan cavum nasi oleh choana
  • Oropharynx / mesopharynx: dihubungan dengan cavum oris oleh isthmus faucium
  • Laryngopharynx / hypopharynx: dihubungan dengan larynx oleh additus laryngeus (sampai VC 6)

Bangunan yang penting di pharynx yaitu tonsilla palatina. Penting tau batas-batas tonsila palatina! Tapi langsung liat slide aja ya… ^^

OESOPHAGUS

Dibagi menjadi 3 bagian:

  • Pars cervicalis: ada angustia superior (V.C 6)
  • Pars thoracalis: ada angustia media di percabangan bifurcatio trachea (V.Th 4-5)
  • Pars abdominalis: ada angustia inferior di hiatus oesopahus (V.Th 10)

Nah, kalo kita tu pas makan ngarasa kok sulit nelen, itu tu karena ada angustia alias penyempitan itu. Jadi yang ngrasa sakit atau sulit itu si angustia tadi.

VENTRICULUS

Bentuk ventriculus di pengaruhi oleh beberapa faktor

  • Sikap tubuh : antara duduk dan berdiri, besarnya ventriculus beda
  • isi ventriculus
  • stadium pencernaan yang telah dicapai : ketika baru makan, makanan belum masuk ke ventriculus, jadinya masih merasa laper terus. Tapi beberapa saat kemudian, waktu makanan udah masuk ke ventriculus, baru kita ngrasa kenyang dan perutnya paru keliatan. Makanya, ada hadits berhentilah makan sebelum kenyang. Biar kita memberi kesempatan buat makanan jalan santai dulu sampai ke ventriculus.
  • derajat kontraksi otot perut : pada kontraksi otot perut yang kuat (misal pada olahragawan). Karena ototnya kenceng, walaupun makan buuaaanyak, perutnya ga akan keliatan. Soalnya ototnya yang kenceng akan nutupi bentuk ventriculusnya.
  • desakan organ2 di sekitarnya : misal heparnya membesar, ventriculusnya akan menonjol
  • tonus & motilitas lambung.

Bagian-bagian dari ventriculus yang harus tau (termasuk juga letaknya buat responsi) yaitu:

  • curvatura mayor
  • curcatura minor
  • incisura cardiac
  • incurasa angularis
  • sulcus intermedius

Hubungan ventriculus dengan peritoneum ada 2 yaitu

1. Omentum minus (di curvature minus)

  • lig. Gastohepaticum : menghubungkan antara gaster (ventriculus) dengan hepar
  • lig. Hepatoduodenale : menghubungan hepar dengan duodenum
2. Omentum majus (di curvature major)
  • lig. Gastrophrenica: antara gaster dengan diafragma
  • lig. Gastrolienalasi : menghubungan gaster dengan lien
  • lig. Gastrocolica : menghubungkan gaster dengan colon

Nah, si omentum majus berhubungan dengan banyak banget kan. Jadinya dia itu akan nutupi mereka semua. So, waktu pertama kali buka tubuh di bagian abdomen yang keliatan adalah omentum majusnya.

Si omentum majus yang nutupi banyak ini baik hati. Fungsinya:

- utk melindungi abdomen

- mencegah adanya infeksi

- memberi nutrisi ke abdomen. Soalnya di omentum ada cadangan nutrisi.

DUODENUM

Di sini deket pancreas, yang fungsinya ada sebagai eksokrin dan endokrin.

Nah, jadinya nanti di duodenum pars descenden (inget ya, ada berapa pars di duodenum??) akan ditemui papilla-papilla sebagai muara dari duktus pancreas itu.

Pada ductus cysticus mengeluarkan empedu, bertemu dengan hepar trus keluar di papilla duodeni.

Nah, misalnya kita baru sakit. Trus kita ga mau makan. Eh, kita muntah. Waktu muntah itu yang keluar cairan pahit warna hijau. Itu adalah cairan empedu. Kalo sampe waktu muntah yang keluar adalah cairan empedu, itu menandakan kalau ventriculus kita kosong.

Kalau muntah yang dari ventriculus tu biasanya bau asem. Soalnya ventriculus ada makanan yang udah dicampur dengan asam lambung. Jadinya waktu keluar rasanya asam. Trus warnanya juga ga ijo, soalnya belum ketemu sama cairan empedu di duodenum.

JEJUNUM & ILEUM

Secara makroskopis, jejunum dan ileum ini sulit dibedakan.

Secara mikroskopis, bisa dibedakan. Kalo di jejunum banyak vili intestinalis (buat absorbsi makanan), kalo di ileum banyak limfonodi. Salah satu limfonodinya yaitu plaques peyeri.

INTESTINUM CRASSUM

Di sini terdapat bangunan seperti garis-garis disebut taenia. Ada 3 taenia

- Taenia mesocolica

- Taenia omentalis

- Taenia libera

Penting tau bangunan-bangunan ini:

- haustra (yg menonjol) & incisura

- plica semilunares (di bagian dalam)

- appendix epiploicae (kantung lemak buat cadangan makanan)

APPENDIX VERMIFORMIS

Penentuan letak appendix

- pangkal appendix

dengan garis Monroe-Richter : garis dari SIAS kanan ke umbilicus

pangkal appendix di 1/3 lateral (titik Mc.Burney)

- ujung appendix

dengan garis Lans : ditarik dari SIAS kiri ke SIAS kanan

ujung appendix di 1/6 lateral kanan

DINDING ABDOMEN

Dibagi menjadi 9 regio

- Hipochondriaca dextra : hepar, vesica felea

- Epigastrica : sebagian hepar & ventriculus

- Hipochondriaca sinistra : ventriculus, lien

- Lumbalis dextra : colon ascenden

- Umbilicalis : duodenum, pancreas

- Lumbalis sinistra : colon descenden

- Inguinalis dextra : appendix, caecum, ovarium dextrum, ureter dexter

- Hipogastrica : vesica urinaria

- Inguinalis sinistra : ureter sinister, ovarium sinister, akhir dari colon descenden



Silakan download file di atas di sini: Anatomi Systema Digestivus Propius

No comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 HEALTHY. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Templates team
Wordpress by Wpthemescreator