Follow Us @soratemplates

Saturday 17 April 2010

Titik Jenuh


Hidup seharusnya selalu penuh semangat. Namun, tidak bisa dipungkiri kadang kala semangat kian meredup juga. Penyebabnya? Jenuh. Ya, mencapai titik jenuh. Jenuh kadang kala menyurutkan segalanya. Jenuh menyebabkan tidak konsistennya segala rencana. Dan kenapa bisa terjadi? Alasannya, bisa jadi karena futur. Dan kenapa futur? Alasannya, bisa jadi karena iman sedang surut. Astagfirullah...

Apa boleh buat. Jika sudah terjadi, lupakan dan segera perbaiki. Segera beranjak dari titik jenuh dan kembali menggoreskan titik-titik penuh semangat. Namun, ketika kejenuhan benar-benar memuncak, memang tak mudah untuk segera beranjak. Tak mudah, tapi bukan berarti tak bisa. Salah satu cara menarik dan asyik adalah melakukan hobi. Tentu saja karena hobi adalah sesuatu yang kita senangi. Dan harapannya dengan melakukan apa yang disenangi, akan kembali menggolarakan semangat yang hampir mati.

Jenuh bisa timbul karena melewati hari-hari dengan rutinitas yang sama. Jadi, lakukan hobi yang kita senangi dengan cara yang berbeda dari setiap harinya.

Misalnya kita punya hobi membaca. Setiap hari mungkin kita dituntut untuk membaca buku dari genre yang sama sesuai dengan bidang ilmu yang kita geluti. Sekali waktu tak ada salahnya lepas sejenak dari tuntutan membaca buku wajib tersebut dan relaksasi dengan membaca buku lainnya. Menghabiskan waktu seharian untuk hunting buku yang berbeda ke sana ke mari dan membacanya sesampai di rumah. Puas karena kebutuhan membaca yang lain terpenuhi, rutinitas yang menjenuhkan terabaikan, dan yang pasti tetap sesuai dengan hobi. Tak perlu takut dengan jatah waktu yang tersita karena dipakai untuk melahap buku jenis lainnya. Karena dengan membaca buku berbeda, kita akan kembali merasa berbeda dan bisa menggelorakan semangat untuk melahap buku-buku wajib berikutnya.

Tak ada salahnya juga mengubah hal-hal kecil yang sudah menjadi rutinitas setiap harinya. Misal setiap pergi ke kampus melewati jalan yang sama. Sekali waktu carilah jalan yang berbeda. Sangat remeh sepertinya namun dampaknya bisa luar biasa. Ketika mata ini melihat pemandangan yang berbeda, aktivitas berbeda, sedikit demi sedikit kita pun akan merasa berbeda dari rutinitas kita. Dampaknya, kejenuhan pun akan menguap dengan sendirinya.

So, ayo lakukan hal yang berbeda dari rutinitas dan beranjak dari titik jenuh...

No comments:

Post a Comment