Follow Us @soratemplates

Friday 2 November 2012

Berdua Tidak Lebih Baik (Ini Teh Susu, dkk)

Orang sering berkata, "berdua itu lebih baik". Saya tak sependapat. Baik atau tidaknya, tergantung dengan situasinya. Mengerjakan ujian misalnya, berdua alias mecontek berarti lebih baik? Hm.. Saya rasa tidak.

Nah, begitu juga dalam kasus ini. Teh susu alias milk tea, atau entah sebutan dengan bahasa lainnya, yang intinya untuk mendefinisikan teh dengan penambahan susu. Sudah pernah mencoba? Saya sedang 'menggilainya' akhir-akhir ini.

Siapa yang tidak tahu teh? Siapa yang tidak tahu susu? Teh begitu kaya dengan antioksidan, begitu terkenal untuk pengobatan ini itu, pencegah penuaan dini, bahkan pelangsing badan. Susu lebih-lebih lagi, sampai-sampai pemerintah 'lebay' dengan menjadikan susu sebagai makanan penyempurna dalam slogan jadulnya 4 sehat 5 sempurna.

Jika teh itu baik dan susu juga baik, apakah persatuan dari kedua kebaikan itu akan berbuah baik pula? Ternyata, tidak.

Kebaikan teh luntur karena kebaikan susu. Susu yang tinggi protein justru akan mengikat antioksidan dari teh. Artinya, tak ada lagi manfaat antioksidan ketika kita mengonsumsi teh susu. So, apa menariknya? Mungkin memang sekedar tepat seperti apa yang dibilang diiklan tersebut: menyegarkan...

Banyak kasus lain yang senasib dengan teh susu. Misalnya, mengonsumsi teh setelah makan daging. Sering kita jumpai orang makan di warung sate dan memilih minum teh. Padahal kandungan tanin dalam teh akan mengikat zat besi yang banyak terkandung dalam daging. So, sia-sia lagi kita mengonsumi daging. Lagi-lagi sekedar memberi efek mengenyangkan...

Artinya, berdua memang belum tentu lebih baik. Sekalipun masing-masing bagian yang akan menyatu itu sudah sama-sama baik. Karena setiap hal memang memiliki pasangannya masing-masing dan setiap hal akan benar-benar bermanfaat ketika memiliki pasangan yang tepat dengan situasi dan kondisi yang tepat.


PS: Kode untuk sabilbil. Terima kasih sudah mengingatkanku untuk mencari minuman yang lebih menyegarkan plus menyehatkan. :)

No comments:

Post a Comment