Follow Us @soratemplates

Sunday 6 December 2020

Celingak Celinguk (Tantangan Bunda Sayang Zona Gaya Belajar dan Stimulasi Kreativitas)




Tadi pagi saat menjemur pakaian, seperti biasa Kakak A dan Adik Z ikut saya menjemir di atas. Kadang mereka hanya main-main, kadang menyiram tanaman, atau seringnya naik ke genteng. Tadi pagi mereka memilih yang terakhir, merangkak ke atas lalu duduk manis di atas genteng menunggu saya selesai menjemur.


Tiba-tiba Kakak A menunjuk, "Mi gunungnya kelihatan". Adik Z tak mau kalah, dia ikutan menunjuk ke atas langit, "Itu awan!"


Aha! Saya pun mendadak mendapat ide. Asyik nih sepertinya kalau main jo lingak linguk. Apa tuh? Ini sebenernya permainan waktu saya masih kecil dulu. Bulik saya suka mengajak saya duduk di taman saat sore. Lalu kami membuat permainan jo lingak-linguk. 


Bulik akan berkata "Jo lingak linguk golekono burung" (Jangan tolah-toleh carilah burung). Lalu saya akan mencari di mana ada burung. Kalau sudah ketemu saya gantian yang memberi tebakan dan bulik yang gantian mencari objek yang maksud.


Saya sudah pernah memainkan ini dengan Kak A dulu. Waktu itu Kak A masih usia 3 tahun. Bukannya bilang "jo lingak linguk", Kak A justru berkata "celingak celinguk" hehe.


Tadi saya memberi tebakan, mencari daun, mencari kabel, mencari baju, dll. Mereka hanya menunjuk sambil duduk di genteng. 


Permainan ini simpel tapi bisa mengasaha rasa keingin tahuan mereka. Ada rasa berusaha untuk menemukan objek yang dicari. Bisa juga untuk menambah kosa kata. Alhamdulillah...



#harike11

#tantangan15hari

#zona4gayabelajardanstimulasikreativitas

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#petualangbahagia

No comments:

Post a Comment