Follow Us @soratemplates

Saturday 13 March 2010

Hati Seperti Burung


Dari Abu Hurairoh radiyallahu'anhu, dari Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Akan masuk surga suatu kaum, hati mereka seperti hati burung." (H.R. Muslim)

Wah, hati seperti burung? Seperti apa? Apakah yang terbang bebas ke sana ke mari? Hm, bukan itu maksudnya.

Umar bin Khattab radiyallahu'anhu berkata, beliau mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Andaikan kalian tawakal kepada Allah dengan sebenarnya, niscaya Allah akan memberi rizki kepada kalian seperti memberi rizki kepada burung. Mereka pergi pagi hari dengan perut kosong dan pulang sore hari dengan perut kenyang." (Shahih Tirmidzi, hasan shohih)


Ya, mencontoh burung dalam hal tawakalnya. Burung begitu tawakal. Dia tawakal pada Allah dengan berupaya mencari makan di pagi hari. Seharian mencari makan hanya dengan bekal tawakal. Dan ketika pulang, dia sudah dalam keadaan kenyang.

Begitu pun manusia. dalam berusaha, kita senantiasa harus bertawakal. Tawakal bukan berarti pasrah. Burung saja tetap berusaha pergi mencari makan. Maka, manusia pun harus tetap berusaha. Tapi dengan dibarengi tawakal yaitu meminta pertolongan Allah. Dengan begitu, tanpa ia sadari, ia akan pulang dengan membawa rizki dari Allah sebagai berkah usahanya hari itu.

Percayalah dan Tawakallah...

No comments:

Post a Comment