Follow Us @soratemplates

Saturday 28 November 2020

Bakpia Kapal (Tantangan Bunda Sayang Zona Gaya Belajar dan Kreativitas)

 



Tempo hari papi baru pulang dari Jogja dan membawakan oleh-oleh bakpia. Ada dua rasa, keju dan kacang hijau. Kebetulan tadi pagi setelah semua saling comot, masing-masing rasa itu tinggal satu. Diputuskan satu untuk Kakak A dan satu untuk Adik Z.


Ternyata biar adil, Kakak A membagi semua bakpia itu menjadi dua. Jadi masing-masing dapat separuh bakpia rasa keju dan kacang hijau. Begitu dapat bagian, Kakak A langsung memakan jatahnya. Tapi tidak dengan Adik Z.


Karena tadi melihat Kak A mencuil bakpia, sepertinya Adik Z pingin ikutan mencuil juga. Wah intelectualnya dapat nih. Jatah bakpia yang tinggal separuh dia cuil lagi. Akibatnya, bakpia hancur.


Alhamdulillah Adik Z tidak menangis. Yang ada dia justru mengambil remahan bakpia dan meremas-remasnya. Oke, mungkin kalau saya sedang tidak sadar penuh, saya akan berkomentar, "Makanan jangan buat mainana" But, oke fine, saya menunggu.


Saya jadi teringat buku Jenius Kreatif. Ketika anak memukul-mukul piring saat makan lalu dihardik, lantas diam. Padahal bisa jadi dia sedang mengekplorasi bunyi dan nantinya menjadi jenius musik.


Maka saya menunggu, saya biarkan dulu Adik Z meremas-remas bakpia bak douh alias malam. Lalu saya bertanya, "Adik ngapain?"


Dengan sumringah Adik Z menjawab, "Bikin kapal". Tak berapa lama, dia pun menunjukkan ulenan isi bakpia sambil tertawa, "Ini kapal"


MasyaAllah... Tidak menyangka kan kalau dia sedang berimajinasi membuat bakpia menjadi kapal. Pun memiliki rasa bisa menemukan bentuk kapal yang tentu saja tidak seutuhnya kapal.


Saya lalu menimpali, "Wah kapalnya mau masuk mulut." Adik Z langsung memasukkan bakpia itu ke mulutnya dan memakannya. Wah.. win win solution. Bakpia tidak mubadzir karena dipakai mainan, Adik Z tetap bisa bermain.


Alhamdulillah done. Meski poin noble of attitudenya diraih Kak A yang berinisatif berbagi pada Adik Z, Alhamdulillah dari moment tadi bisa mengamati tujuan belajar mereka. Hanya dengan menahan diri sedikit, barangkali bisa menjadi kesempatan ajang belajar buat mereka. Siapa tau kelak mereka menjadi jenius kreatif, yang membuat inovasi. Kalau ada pempek kapal selam, mungkin di tangan Adik Z akan ada bakpia kapal selam. Haha...



#harike3
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia
 

No comments:

Post a Comment