Follow Us @soratemplates

Monday 30 November 2020

Mana Beruang (Tantangan Bunda Sayang Zona Gaya Belajar dan Stimulasi Kreativitas)




Sejak paket buku yang datang di sore hari dan baru sempat dibaca di pagi harinya, kami jadi punya kebiasaan baru membaca buku setelah bangun tidur. Biasanya acara baca buku di siang hari, sambil saya istirahat, syukur-syukur Kak A dan Adik Z bisa langsung tidur. Malamnya jarang sekali baca buku karena kadang mereka sudah tidur begitu saya pulang praktik sore. Kalaupun belum tidur, seringnya kami hanya mengobrol saja karena lampu kamar sudah dimatikan.

Baru-baru ini saya mengamati gaya membaca Kak A dan Adik Z berbeda. Kakak A cenderung diam tenang menyimak cerita sampai akhir. Sedangkan Adik Z lebih banyak menyela dan menunjuk gambarnya. Ya, tentu saja karena perbedaan usia mereka.

Tadi pagi, seperti biasa setelah bangun tidur Adik Z sudah menyodorkan buku. Baru beberapa menit, dia sudah menunjuk, "Ini beruang?" Selang sebentar, "Ini bintang?"

Saya pun mendapat ide, wah sekalian aja saya ajak mencari gambar-gambar di halaman itu layaknya buku hide and seek. Tapi berhubung Adik Z sedang fokus sama beruang dan bintang, hampir tiap halaman dia mencari gambar beruang atau bintang.

Saya terkejut, ternyata mata Adik Z awas sekali. Dia bisa menemukan boneka beruang kecil yang diletakkan di rak mainan atau di dalam mobil. MasyaAllah... Kadang malah dia duluan yang menemukan gambarnya daripada saya.

Uniknya lagi ketika dia ngotot mencari bintang, lalu dia menunjuk bunga. Saya bilang, "Ini bunga". Tapi Adik Z kekeh kalau itu bintang. Ya memang sih kelopaknya ada lima dan agak runcing sehingga terlihat seperti bintang. Oke, saya melurukan, "Ini bunga tapi bentuknya seperti bintang."

Alhamdulillah dari aktivitas tadi secara tidak langsung merangsang sisi visualnya. Pun mengasah intelectual curiositynya untuk terua mencari dan tanpa sadar mengembangkan imajinasinya juga menganggap bunga layaknya bintang. MasyaaAllah...


#harike5
#tantangan15hari
#zona4gayabelajarstimulasikreativitas
#pantaibentangpetualang
#institutibuprofesional
#petualangbahagia

No comments:

Post a Comment