Follow Us @soratemplates

Monday 30 July 2012

Pengertian


Terlepas dari agama, cantik, keturunan baik, kaya, sekufu atau tidak, atau istilah bibit, bobot, bebet, terkadang orang memiliki kriteria tertentu terhadap pasangan yang dia harapkan. Berbagai sifat dan karakter mulai dijadikan pertimbangan. Salah satu sifat yang paling sering terlontar adalah pengertian.

Definisi dari sifat pengertian memiliki makna yang sangat luas. Pengertian bisa berarti sabar, bisa diartikan mensyukuri, dapat berarti qona’ah, selalu memberikan support, dan segala macam sifat baik lainnya. Bahkan bisa disimpulkan bahwa pengertian intinya adalah kumpulan sifat baik.

Tentu saja, semua orang pasti ingin mendapatkan pasangan dengan sekumpulan sifat baik. Dalam sudut pandang wanita, kumpulan sifat baik ini dapat menjadi sebuah kunci tersendiri.

Seorang dokter pernah berkata, “Besok kalau cari suami harus yang ‘legowo’ karena profesi dokter itu milik ummat yang harus siap setiap saat melayani masyarakat.”

Seorang ibu berpesan pada para aktivis, “Aktivis wanita jangan sampai salah memilih suami. Setelah menikah harus tetap bisa beraktivitas dan memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar.”
Seorang penulis pun berkata, “Pintar-pintar mencari suami biar bisa tetap meluangkan waktu untuk produktif menulis.”

Dan entah beberapa pesan lainnya dengan nada yang serupa. Pesan-pesan di atas tanpa disadari menunjukkan bahwa pasangan yang dicari memang pasangan yang pengertian. Pasangan yang baik dan memahami apa yang seorang wanita butuhkan.

Legowo, sebuah sifat sabar dan ikhlas karena memang profesi dokter dibutuhkan oleh masyarakat. Maka, ikhlas ini adalah bentuk pengertian. Memberikan ijin beraktivitas yang memberi manfaat, artinya pengertian pula untuk memahami tuntutan aktivitas. Memberi peluang untuk tetap menulis, artinya pengertian pula dalam bentuk memberikan support.

Masih banyak definisi sifat pengertian lainnya. Intinya semua sifat baik itu dibutuhkan, terlebih bagi seorang wanita. Mengapa? Karena wanita tak mungkin melakukan itu semua tanpa pengertian laki-laki. Wanita tak akan menjadi dokter yang siap setiap saat, jika tidak mendapat ijin suaminya. Wanita tak akan bisa bermanfaat di sekitarnya jika tidak mendapat restu sekedar mengenali kebutuhan lingkungannya. Wanita tak mungkin menekuni hobinya jika tak ada pengertian meluangkan waktu dari tugas sebagai istri maupun ibu.

Tetapi tak melulu dipandangan dari sudut pandang laki-laki. Wanita pun harus memiliki kumpulan sifat baik. Wanita juga harus pengertian dalam arti sabar dengan keputusan suami. Wanita juga harus pengertian dengan menaati apa yang dibataskan oleh suami.

Ya, itu semua membutuhkan pengertian. Pengertian lelaki untuk memberikan restu, dan pengertian wanita untuk menjalani sesuai restu. Artinya, wanita tak perlu memaksa demi mendapatkan keinginannya karena laki-laki sudah mengerti apa yang dibutuhkannya. Di sisi lain wanita tak perlu berdosa karena terpaksa berselisih atau membangkang dari suaminya hanya demi memenuhi kebutuhannya.

Maka, pengertian itu memang salah satu kuncinya. Karena pengertian adalah kumpulan sifat baik, maka akan baik pulalah keduanya. Lelaki menjadi baik karena memahami, wanita menjadi baik karena mentaati.

No comments:

Post a Comment