Follow Us @soratemplates

Thursday 4 February 2021

Ada Berapa Kucing? (Tantangan Zona Kecerdasan Matematika dan Finansial)




Bismillahirrahmanirrahim


Yes, memasuki zona berikutnya. Kali ini tentang kecerdasan matematika dan finansial. Hm, salah satu kecerdasan yang saya tunggu-tunggu di Bunda Sayang ini. Bismillah mudah-mudahan menjurnalnya pun bahagia dan tuntas. Aamiin...


Sebelumnya, saya akan mengkaji dulu kondisi tentang tema ini pada Kakak A. Ya, kali ini saya mau fokus pada Kakak A saja. Sejujurnya Kak A belum saya ajarkan untuk menulis dan berhitung. Dia belum benar-benar mengerti huruf dan angka karena selama ini saya sebatas mengenalkan saja. Bahkan kadang dia masih terbalik antara enam dan empat. Habis menyebut tiga lanjut enam, bukannya empat. So, tema kali ini saya mau menguatkan lagi matematika dasarnya.


Hari ini saya mengajak Kak A (dan sekaligus Adik Z) untuk main dengan menggunakan laptop. Awalnya saya hendak menggambar, atau mengeprint gambar. Tapi ketika tadi Kak A membuka laptop, tiba-tiba saya mendapat ide untuk memanfaatkan laptop untuk media hitung tanpa perlu mengeprintnya.


Pertama, saya membuka google mencari gambar kucing. Adik Z memilih kucing favoritnya. Demikian juga dengan Kakak A. Setelah dipilih, saya mendownload gambar tesebut dan membuka ms.word. Saya insert gambar tersebut dengan jumlah satu kucing di baris pertama, lalu dua kucing di gambar kedua, dst hingga lima kucing. Begitu juga dengan kucing milik Kak A. 


Saya ajak Kak A untuk menghitung ada berapa kucing setiap baris. Alhamdulillah Kak A bisa menyebutkan dengan urut, tidak terbalik antara empat dan enam. Kemudian, cerita saya lanjutkan dengan simulai, "Yah, kucingnya ngantuk. Satu kucing pergi deh. Sekarang kucingnya ada berapa?" Lalu Kak A pun menghitung sisa kucing yang ada di baris tersebut.


Hal yang sama berlaku juga ketika kucing Kak A ada dua, lalu datang kucing Adik Z mau ikut main. Sekarang ada berapa kucing yang main sama-sama? Alhamdulillah, Kak A bisa menghitungnya secara konkret. Yup, untuk usianya memang dianjurkan untuk memberikan latihan konkret terlebih dahulu. Alhamdulillah secara tidak langsung Kak A sudah belajar tentang penambahan dan pengurangan.


Bintang untuk hari ini lima untuk saya karena saya berhasil menciptakan permainan yang hemat tak perlu ngeprint hehe. Pun bahkan bisa menjadi kecerdasan multimedia juga kan karena Kak A ikut mengamati proses mencari gambar di google lalu mendownload dan mengcopy di word. Begitu juga untuk Kak A mendapat bintang 5 karena berhasil sabar mengikuti permainan dan bisa menghitung dengan benar. Alhamdulillah


#harike1

#tantangan15hari

#zona6stimulasimatematikafinansial

#pantaibentangpetualang

#kuliahbundasayang

#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment