Follow Us @soratemplates

Saturday 13 February 2021

Kebutuhan vs Keinginan (Tantangan Zona Stimulasi Matematika dan Finansial)




Sejak kemarin, kami ada di rumah simbah di Wonogiri. Iya, simbah sedang kurang fit. Alhasil anak cucunya bergantian menemani simbah jika longgar. Nah, karena di sini Kak A tidak membawa mainan, maka saya yang memutar otak mencari media belajar matematika. Berhubung Kak A juga tidak membawa buku barunya, bagi saya ini kesempatan untuk membacakan ebook dari OJK.


Ebook pertama yang saya pilih tentang Penghapus Rama. Ceritanya tentang menentukan mana kebutuhan dan mana keinginan. Rama yang sedang membuat kartu ucapan tergoda dengan iklan es krim anggur. Tulisannya jadi berantakan karena ga fokus. Tapi ketika akan menghapus, ternyata penghapusnya mau habis. Jadi dia pun harus beli penghapus dulu. Tapi di satu sisi dia juga ingin beli es krim anggur. 


Hm, menarik kan. Dilema klasik nih. Kita yang gedhe aja masih suka sok-sokan nyebut keinginan sebagai kebutuhan. Jadi, ilmu finansial dasar ini penting banget buat dikenalkan pada anak sejak dini. Biar mantap dan ga tergoda iman sampai kelak dewasa.


Saat membaca bukunya Alhamdulillah Kak A paham mana kebutuhan dan mana yang keinginan. Kak A bisa berkomentar saat saya bertanya, "Harusnya beli pengahapus atau es krim anggur ya?" Kak A bisa menjawab penghapus sebagai kebutuhan yang memang harus dibeli. Alhamdulillah, moral of story-nya nyampe.


Setelah baca buku, saya pun iseng mengetes Kak A. "Jadi, kalau haus tuh beli minum atau beli dozzer ya?" Sambil tertawa Kak A menjawab, "Minum". Yup, saya pun menguatkan bahwa minum adalah kebutuhan dan beli mainan dozzer hanya keimginan.


Tapi yang namanya Kak A, tetap saja dia iseng. Saat saya bertanya berikutnya, "Kalau lapar berarti beli makanan atau beli Spiderman?" Kak A spontan menjawab, "Spiderman." Saya pun menimpali, "Emang Kak A butuh Spiderman? Cuma pingin kan, bukan butuh. Kalau laper nanti gimana dong karena belum beli makanan." Dengan santainya Kak A menjawab, "Spidermannya nanti dimakan"

Fyuh, dasar Kak A!


Yah, kali ini bintang empat saja lah ya.


#harike9

#tantangan15hari

#zonastimulasimatematikafinansial

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment