Follow Us @soratemplates

Sunday 7 February 2021

Menghitung Sepanjang Jalan (Tantangan Zona Kecerdasan Matematika dan Finansial)




Sejak tadi malam kami berkunjung ke rumah simbah. Maksudnya simbah saya, alias simbah buyutnya Kak A dan Adik Z. Salah satu aktivitas rutin di rumah simbah setiap pagi adalah jalan-jalan ke sekitar lingkungan rumah. Begitu juga tadi pagi. Ketika matahari sudah mulai tampak, kami memutuskan untuk berangkat jalan-jalan. Tentu saja jalan-jalan kali ini tidak sekedar jalan, tapi saya punya misi untuk merangsang kecerdasan matematika terutama pada Kak A.


Saat berangkat, kami disambut dengan segerombolan ayam yang berciap-ciap memasuki pekarangan rumah simbah. Saya pun mulai beraksi, "Kak A, ada berapa ayamnya?" Alhamdulillah meski ayamnya sedang berlari-lari ke sana ke mari tak tentu arah, Kak A bisa menyebutkan ada 5 ayam kecil dan 1 ayam besar.


Kami pun memulai perjalanan, berjalan perlahan-lahan sambil papi berlari-lari kecil. Saya pun teringat ide yang diceritakan Kakawi di Bintang kemarin. Hm, mulai deh kami menghitung langkah bersama-sama. Yup, sebatas satu sampai sepuluh saja karena itupun Kak A masih suka angot-angotan. Saya tak ingin terburu-buru masuk ke angka sebelas dan seterusnya.


Di tengah jalan, Papi ternyata ingin buang air kecil. Ya sudah, kami pun mampir ke sebuah masjid yang kami lewati. Sembari menunggu papi, kami menengok ke sekeliling. Ternyata ada beberapa ekor burung kecil yang hinggap di pagar masjid. Saya pun buru-buru menangkap moment, "Kak A, burungnya ada berapa?" Waktu itu burung yang hinggap ada tiga. 


Tak berapa lama, ada satu burung lagi yang ikutan hinggap di pagar. Saya pun kembali bertanya, "Wah, ada yang datang lagi satu. Jadi berapa ya sekarang?' Kak A bisa menjawab tepat kalau burungnya jadi empat. Yeiy, konsep berhitung sederhana tentang penambahan bisa didapat kan secara konkret dengan melihat burung yang hinggap. Masya Allah walhamdulillah.


Next ketika melanjutkan perjalanan, saya iseng bertanya sana-sini. Misal ketika melihat anjing yang menyalak-nyalak, saya bertanya, "Ada berapa anjingnya?" Alhamdulillah kali ini adik Z yang bisa menjawab lebih cepat karena anjingnya cuma satu.


Bintang untuk hari ini adalah lima untuk saya dan Kak A karena kami bisa belajar matematika dengan cara alami tanpa terlihat bahwa sebenarnya sedang mengajarkan. MasyaAllah...


#harike3

#tantangan15hari

#zona6stimulasimatematikafinansial

#pantaibentangpetualang

#kuliahbundasayang

#institutibuprofesional

No comments:

Post a Comment