Follow Us @soratemplates

Saturday 6 February 2021

Hewan Darat, Air, Udara (Tantangan Zona Kecerdasan Matematika dan Finansial)




Tadi malam saya mendongeng bareng Kak A dan Adik Z. Judulnya memang dongeng sebelum tidur yang akibatnya saya pun ikutan tidur sampai pagi dan belum bikin jurnal bunda sayang. Duh gusti paringono sabar, baru juga tantangan hari kedua kok sudah masuk geng wong keturon. Tepok jidat!


Ya sudah daripada ketiduran lagi, langsung eksekusi saja pagi ini. Mumpung mereka main pasir di luar dan saya bisa curi-curi pegang HP, langsung cicil dulu. Siapa tahu nanti malam bisa bikin jurnal berikutnya lagi.


Semalam saya cerita tentang hewan. Ada hewan yang bisa di udara, darat, dan air. Kok masuk tantangan kecerdasan matematika sih? Iya, karena ternyata pengelompokan itu termasuk kecerdasan matematika lho. Ini termasuk matematika dasar tentang himpunan. Jadi ketika anak bisa mengelompokkan sesuatu, secara matematis dia punya kemampuan tersebut.


Awalnya saya meminta Kak A menyebutkan hewan apa yang bisa terbang di udara? Kak A bisa menyebutkan burung dan kupu-kupu. Hm, lumayan lah. Saya kira dia cuma bakal menyebutkan burung saja.


Next, lanjut ke hewan darat. Saya bilang kalau hewan darat ada yang berjalan dengan perut, namanya hewan melata. Kak A bisa menyebutkan ular. Lalu, lanjut lagi ada hewan berkaki dua dan berkaki empat. Nah kan masuk lagi matematikanya. Anak jadi paham kan secara konkret mana itu dua dan mana yang empat. Alhamdulillah, Kak A bisa menyebutkan cukup banyak hewan di sini seperti ayam, sapi, kambing, gajah, dll.


Next tentang hewan di air. Kak A menyebut ikan dan bebek. Yah meskipun bebek bisa jalan di darat juga ya hehe. 


Permainan belum selesai. Saya lanjut menyebutkan nama-nama hewan lalu meminta Kak A untuk menebak hewa itu masuk kategori hewan udara, darat, atau air. Alhamdulillah tebakan Kak A benar.


Ada bonus juga nih. Saya pancing deh, hewan tadi siapa yang menciptakan. Kak A jawab, Allah. Yeiy, kena kan ke keimanan juga. Alhamdulillah... Bintang buat kemarin lima buat saya dan Kak A.


#harike2

#tantangan15hari

#zona6stimulasimatematikafinansial

#pantaibentangpetualang

#kuliahbundasayang

#institutibuprofesional


No comments:

Post a Comment