Follow Us @soratemplates

Friday 12 February 2021

Sing A Song (Tantangan Zona Stimulasi Matematika dan Finansial)




Hari ini saya berencana membacakan buku dari OJK. Apa daya Kak A kurang tertarik. Kebetulan dua hari kemarin ada buku baru datang. Ya sudah, kalah pamor dengan buku barunya. So, saya perlu memutar otak cepat nih biar bisa segera eksekusi hari ini. Dan saya langsung kepikiran untuk sing a song.


Tahu dong lagu tentang berhitung. Yup, apalagi kalu bukan satu ditambah satu. Nah, saya pun menyanyikan itu sambil lagi-lagi bermain jari. Karena kemarin sempat main jari, Kak A pun ikut-ikutan memainkan jarinya. Setelah satu putaran lirik lagu, saya pun mengimprovisasi lagunya.


Saya: Satu ditambah dua, sama dengan 

Kak A: Tiga

Saya: Tiga ditambah satu, sama dengan

Kak A: Empat

Saya: Empat ditambah dua, sama dengan

Kak A: Enam

Saya: Enam ditambah tiga, sama dengan

Kak A: Sembilan


Yeiy bisa. Walaupun tetap saja Kak A sebelum menjawab harus menghitung jari secara konkret terlebih dulu karena belum begitu familiar dengan simbol jari untuk angka enam sampai sepuluh. Tapi setidaknya ini sudah cukup baik karena dia makin punya pengalaman tentang penambahan dalam matematika.


Biar lebih asyik, saya pun mengajak menyanyikan lagu berikutnya yaitu Balonku. Lagu ini secara tidak langsung mengajarkan tentang pengurangan dalam matematika. Hm, bisa jadi kombinasi untuk lagu satu tambah satu tadi kan. Nah kali ini saya mengimprovisasi sedikit juga.


Balonku ada empat

Rupa-rupa warnanya

Kuning-kuning kelabu

Merah muda dan biru

Meletus balon kuning DOR

Hatiku sangat kacau

Balonku tinggal?

(Kak A menjawab) tiga

Kupegang erat-erat


Hehe agak maksa sih untuk bagian lirik warnanya, but its okay. Saya menunjuk empat angka dengan jari. Dan ketika balon meletus, saya turunkan satu jari. Jadi lagi-lagi Kak A menghitung sisa balon dengan jari secara konkret.


Simpel sih, tapi bisa menjadi pembelajaran matematika yang meyenangkan karena sambil bernyanyi juga. Sebenarnya masih ada banyak lagu matematika juga, cuma berbahasa Inggris. Seperti lagu ten little indian, atau lagu jumping on the bed, dll. Tapi karena saya memang belum fokus pada Bahasa Inggris jadi sementara pakai lagu ini dulu. 


Hm, ada ide lagu lain lagi nggak ya?


#harike8

#tantangan15hari

#zonastimulasimatematikafinansial

#pantaibentangpetualang

#institutibuprofesional

#kelasbundasayang 

No comments:

Post a Comment