Follow Us @soratemplates

Sunday 6 September 2020

Sebentar Lagi, Ya




Ada yang menarik dalam komunikasi produktif. Salah satunya yaitu tentang trik bernegosiasi. Saya mempraktikkannya pada kedua anak saya sekaligus.

Kakak A dan Adik Z itu punya kebiasaan kalau sikat gigi lama sekali. Ciri khas anak-anak sih, suka sekali main air. Kalau mandi begitu juga, tidak segera keluar kamar mandi karena asyik bermain air dari shower atau kran.

Begitu juga hari ini, Adik Z yang baru selesai buang air besar masih berlama-lama bermain air. Saya sudah memanggilnya agar keluar kamar mandi, tetap saja tidak menurut. Sudah saya tinggal sebentar untuk membersihkan diapers, tetap saja belum mau berhenti. Saya matikan kran begitu saja, dan seperti biasa dia pun merengek dan menyalakan krannya sendiri.

Akhirnya saya teringat satu metode komunikasi produktif, make a deal untuk mengakhiri. Saya bilang pada Adik Z, "Oke, satu kali lagi boleh dinyalakan krannya, tapi habis itu dimatikan ya." Adik Z pun mengiyakan.

Saya pun membuka kran airnya dan dia bermain di bawah kucuran air. Saya langsung berkata, "Udah, ya?", si adik pun diam saja. Maka, saya menutup kran air.

MasyaAllah... Adik pun paham dan langsung keluar kamar mandi tanpa protes. Alhamdulillah...

Ternyata sesimpel ini penyelesaian tantangan kalau kita mau berkomunikasi dengan produktif. Coba dari tadi saya hanya tarik ulur bergantian mematikan dan membuka kran air dengan adik, mungkin tak akan segera selesai dan justru menyulut emosi.

Alhamdulillah, komunikasi hari ini done dan terselesaikan dengan baik. Besok masih perlu diingatkan lagi agar jadi kebiasaan Kakak A dan Adik Z.


⭐⭐⭐⭐⭐

No comments:

Post a Comment