Follow Us @soratemplates

Thursday 17 September 2020

Menular

komunikasi produktif



Alhamdulillah tantangan hari terakhir usai. Tak ada yang spesial hari ini. Komunikasi produktif berjalan seperti biasa. Terlebih karena saya masih menemani suami mengikuti seminar. Jadilah kuantitas untuk membersamai anak-anak memang masih minimal seperti kemarin.


Ada yang menarik yang saya amati selama lima belas hari tantangan ini. Ternyata apa yang saya lakukan pada anak-anak itu mereka resapi dan mereka tirukan. Terutama tentu saja ditirukan Kakak A.


Seperti tadi pagi misalnya ketika Adik Z cuci tangan berkali-kali. Kakak A ikut-ikutan berkomentar, "Satu kali lagi trus udah ya," persis seperti poin komunikasi produktif yang saya lakukan di awal-awal tantangan dulu.


Begitu juga ketika Adik Z rewel ingin mobil-mobilan yang dipegang Kakak A. Bisa-bisanya Kakak A menanggapi dengan berkata, "Bilang dulu, Kak pinjam mobil." Walaupun tetap saja si adik sudah terlanjur menangis dan akhirnya benar-benar mengatakan pinjam. Barulah Kakak A memberikan mobilnya.


MasyaaAllah tabaarakallah... Mudah-mudahan tantangan komunikasi produktif ini tidak hanya berdampak pada saya, tetapi juga berdampak pada pola komunikasi anak-anak, suami, dan siapapun juga. InsyaAllah



No comments:

Post a Comment