Follow Us @soratemplates

Monday 8 February 2010

Berbunga-bunga Bersama Bunga

Wanita identik dengan pecinta bunga. Ada yang menyukai karena bentuknya, warnanya, atau keharumannya. Bunga-bunga yang diciptakan oleh Allah SWT tak hanya menjadi sebuah keindahan. Jika kita mau mengkaji lebih jauh, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari bunga-bunga nan indah itu.

Bunga Mawar
Bunga ini dicintai begitu banyak orang. Mahkota dan kelopak bunganya yang indah, sungguh menarik dipandang mata. Mekipun bunga ini memiliki duri yang tajam, banyak orang memilih mawar sebagai bunga favorit. Bunga mawar mengajarkan kita untuk menikmati keindahan dan penderitaan dalam waktu bersamaan. Kita boleh menikmati indahnya bunga tapi harus siap dengan risiko jika terkena durinya. Demikian pula dalam hidup. Kita bebas memilih apapun dalam hidup kita, tentunya karena mengira hal itu adalah yang terindah dalam hidup kita. Namun kita tetap harus ingat bahwa segala sesuatu itu pasti ada risikonya.

Bunga Melati
Bunga yang terkenal dengan keharuman dan kesuciannya. Meskipun bunga ini masih kuncup, dia telah menyebarkan aroma harum yang tiada tara sehingga sering dimanfaatkan untuk upacara pernikahan yang sakral dan agung. Dari bunga melati, kita belajar untuk menjadi orang berguna dan memberikan manfaat sejak kecil. Bunga melati mengharumkan sekitar walau masih kuncup. Begitupun kita, berusaha untuk mengharumkan keluarga atau masyarakat sejak kita masih muda. Berusaha selalu memberikan manfaat dalam kebaikan kepada orang lain, seperti bunga melati yang dimanfaatkan dalam pernikahan yang suci.

Bunga Daisy
Bunga ini tetap terlihat indah meskipun hanya sederhana. Simpel namun menawan. Daisy memiliki ciri khas akan menguncup di malam hari dan mekar seiring datangnya pagi. Belajar dari bunga daisy, kiranya kita diajak untuk hidup secara sederhana, rendah hati tanpa harus menyombongkan diri. Tak perlu bermewah-mewah hanya untuk menampilkan keindahan atau kecantikan diri sendiri. Bunga Daisy yang senantiasa mekar di pagi hari mengajari kita untuk menyambut hari dengan kesegaran. Mengawali hari dengan sesuatu yang baik demi keberkahan dan mengalirkan keindahan di lingkungan sekitar sepanjang hari.

Bunga Edelweiss
Bunga ini sering dijuluki sebagai bunga keabadian karena tak cepat layu meskipun telah lama dipetik. Edelweiss sulit dijumpai, membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang besar dengan mendaki gunung untuk bisa menikmati keindahan bunga ini. Demikian kita dalam hidup. Untuk bisa merasakan suatu kebahagiaan tentulah kita harus rela berjuang dan berkorban dengan sepenuh hati. Salah satu perjuangan dalam hidup yang wajib dilakukan yaitu berjuang meraih surga. Surga abadi di tempat yang tinggi yang butuh perjuangan besar layaknya edelweiss sang bunga abadi yang bertengger manis di puncak gunung tertinggi.

Bunga Teratai
Bunga yang tumbuh dan mengambang di air bahkan di lumpur. Meskipun hidup di air atau lumpur, ia tidak basah ataupun kotor dan tetap saja terlihat indah. Bunga teratai mengajarkan kita bagaimana cara menjadi diri sendiri tanpa terpengaruh lingkungan sekitar. Dalam hidup, tidak semua lingkungan diciptakan baik. Seandainya suatu saat kita berada di lingkungan yang kurang baik, layaknya kita mencontoh bunga teratai untuk tetap menjaga kebaikan diri sendiri bahkan memberikan keindahan bagi lingkungannya.

1 comment: