Follow Us @soratemplates

Wednesday 6 July 2011

Akhwat Pembalap

Ngeeeng…., Tin- tiiin…, Ciiit…, Gedubrak, Plethak, Byuur…

Yup, barangkali itulah suara-suara yang muncul ketika naik sepeda motor. Memang lebay, tapi kelebayan ini sebanding dengan kenyataan saat mengendarai sepeda motor itu sendiri. Siapa coba? Haha, saya.

Waktu saya SMP dulu ada guru TPA saya yang kecelakaan sepeda motor. Dia akhwat yang sangat kalem. Waktu itu dia bercerita kalau memang dia ngebut nabrak orang di tikungan, tapi orang yang dia tabrak justru yang minta maaf. Mungkin karena mbaknya kelewat kalem, sampai bapaknya mengira kalau mbaknya yang kenapa-kenapa. Waktu itu ada ikhwan yang jahil berkomentar, “Dasar akhwat pembalap!”

Berhubung saya masih SMP dan masih setia dengan bus Nusa B, saya tak begitu menggubris kata-kata guru TPA yang ikhwan itu. Sampai waktu menjelang dan saya mulai beranjak SMA, saya mulai merasakan sendiri bagaimana serunya mengendarai sepeda motor ke sekolah. Dan akhir-akhir ini saya baru menyadari kalau apa yang dialami oleh guru TPA akhwat saya itu terjadi pula pada saya.

Akhwat pembalap, mungkin gelar itu diturunkan pada saya. Setiap mengendarai motor, rasanya saya tak bisa disuruh pelan. Di jalan kampung 40 km/jam. Begitu masuk jalan raya sudah 50 km/jam. Terus menanjak, 60 km/jam masih biasa, 70 km/jam boleh juga, 80 km/jam sip, 90 km/jam….terbang!

Pernah saya terpergok oleh bapak saya di tengah jalan. Begitu sampai di rumah, beliau langsung bertanya, “Kamu kalau naik motor kecepatannya berapa tho kak? Cah wedhok kok ngebut.” Saya cuma bisa manyun. Mungkin kebiasaan ngebut ini karena teman-teman akhwat SMA saya juga suka ngebut. Kalau kami pergi bersama-sama dengan saling beriringan, kecepatan kami biasanya 60 km/jam. Itu jadi hal yang sangat biasa. Sekarang, begitu di kampus, ketika naik motor beriringan dengan kecepatan 60km/jam sudah dimarahi oleh teman-teman saya. Begitu kena lampu merah pasti pada berteriak, “Jangan ngebut-ngebut!”. Waduh, padahal saya biasanya lebih dari itu.

Yang jadi masalah adalah kata awal dari julukan pembalap itu. Akhwat, akhwat pembalap. Memangnya kenapa kalau seorang akhwat suka ngebut? Rasanya agak bikin risih. Kalau mau dijuluki pembalap ya pembalap saja. Tak perlu diembeli-embeli akhwat segala. Apakah seorang akhwat lantas harus naik motor dengan lemah lembut pelan-pelan seperti liliput? Hm… Padahal kalau dipikir-pikir, yang tukang ngebut itu lebih banyak akhwat daripada ikhwan. Pernah dulu kami akan takziah. Karena perjalanan jauh, para ikhwan khawatir akan memakan waktu lama kalau mengajak akhwat. Eh, begitu turun ke jalan, para ikhwan yang justru ketinggalan.

Menurut saya, penambahan embel-embel akhwat itu terlalu berlebihan. Lagipula entah akhwat atau bukan, kalau ngebut sama saja risikonya. Bagi saya, biarkan saja mau ngebut seperti apa. Justru ini menarik untuk melatih insting dan reflex menghadapi risiko. Yang penting kan tetap waspada dan tidak merugikan diri sendiri atau pengguna jalan yang lain.

So, berapa kecepatan Anda? Bagaimana kalau kita balapan saja?

PS: Bisa digampar ibu kalau ibu baca tulisan ini di blog. :D



6 comments:

  1. mbak avi.. peraturan di rumahku, yang selalu diulang ulang diucapin sama ortuku,
    kalo di gang helm harus dibuka, kecepatan ga boleh lebih dari 20km, semua orang harus disapa.

    kadang pas badmood, bad day, ato lagi galau kronis, kadang ya agak berat, tapi ternyata lama2 malah bikin badmoodnya ilang gara2 nyapa2 ngono..

    intne, MBAK AVI AMPUN NGEBUT NGGIH.... *galak*

    ReplyDelete
  2. inget rumahku kan bil. keluar rumah, langsung kuburan, sampai persimpangan ga ada rumah. begitu masuk jalan utama kampung, udah berasa kayak jalan raya karena rame. jadinya langsung tancap gas terus.

    aku punya cerita menarik tentang peraturanmu itu. insya Allah besok tak posting.

    ReplyDelete
  3. kalo d jalan raya Wonogiri 60-80 mb.. hhe kmrn prnh kpleset cz lumayan kenceng, ada tikungan + krikil", qodarullah kpleset deh.. tapi alhamdulillah ada 2 org bpk yg mnolong, meski mrk g knal aq.. =) tpi gimana lg mb, kdg d kejar waktu.. n pgn cpt nyampe..

    ReplyDelete
  4. sebenarnya kalo dikejar waktu, bisa saja diatur waktunya biar berangkat lebih awal. tapi alasan pingin cepat sampe, itulah yang tepat. hehe..

    ReplyDelete
  5. hhe,, mhemat waktu yang sekirax bisa d hemat. tapi kenapa y mb, aku merasa excited dg hal itu dan mlah kek memacu adrenalin gitu. ttg nyepeda nih mb, aku pernah nyepeda malem dr bimbel *O, dan aku merasakan gelap gitu waktu d jalan. masyaAllah, itu pengalaman q berjalan dlm kegelapan yg teramat sangat. stlh bbrp hari kmudian, ibu q yang mmakai spda itu d tegur polisi, kenapa lampux g d nyalakan, ibu blg klo udh d nyalakan, dan ternyata........... taraaaaaaaaaa....... kabelx putus.. hmm,, itu pgalaman yg bner" mb, ternyata brjlan di kgelapn itu spt itu..

    ReplyDelete
  6. hehehe, ternyata kabelnya putus. pantesan gelap.
    kalo mau ngebut harus ekstra perlengkapannya. hehe..

    ReplyDelete